Minggu, 26 Maret 2017

Grebek Jentik Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari, Promkes Puskesmas Bendosari Bersama Warga Gabusan Jombor

DASIAT Bendosari - Pemuda Siaga Sehat Kec Bendosari bersama Promkes Puskesmas Bendosari, melaksanakan kegiatan penyuluhan jentik nyamuk dan pemberantasan jentik nyamuk di Desa Gabusan Rt 1 Rw 5,Kelurahan Jombor pada hari Minggu, 26 Maret 2017
Penyuluhan ini merupakan bentuk tanggap pencegahan DBD yang dilakukan Pemuda Siaga Sehat dan Promkes Puskesmas Bendosari betsama warga Gabusan. Salah satu langkah yang paling tepat dilakukan dalam pencegahan perkembangbiakan nyamuk demam berdarah adalah dengan mewujudkan hidup bersih dan lingkungan sehat.
Genangan air, plastik bekas yang berserakan, dan lingkungan tidak bersih menjadi awal sumber penyakit yang bisa mengancam penduduk, salah satunya berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah/ aedes aegypti. Dalam meningkatkan kewaspadaan,warga Desa Gabusan Rt 1 Rw 5 aktif memberantas sarang nyamuk di sekitar rumah masing-masing secara berkala semala satu minggu sekali agar terhindar dari penyakit demam berdarah. Dalam penyuluhan juga menyarankan masyarakat untuk terus melakukan beberapa langkah dalam mengatasi ancaman nyamuk demam berdarah, yakni dengan melaksanakan 3M, yakni menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.
Dari hasil evaluasi yang dilakukan di lingkungan Desa Gabusan Rt 1 Rw 5,dari 25 rumah yang diperiksa masih ada 15 rumah yang positif terdapat jentik nyamuk demam berdarah/ aedes aegypti. Dengan adanya temuan ini diharapkan kader jentik bersama warga masyarakat Desa Gabusan, untuk selalu menjaga kebersiham, memberantas jentik secara menyeluruh dan secara berkala.
Demam berdarah dengue adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Penyakit tersebut banyak di terjadi di negara beriklim tropis dan subtropis dengan penduduk padat serta lingkungan yang kurang baik.
Aku Kamu Kita Generasi Sehat
(Dasari 003)










0 komentar:

Posting Komentar