Sabtu, 29 April 2017

Penyuluhan DBD dan TB Karang Taruna Permuna Mandala Dukuh Nanggulan Desa Gentan Bersama Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari dan Promkes Bendosari

Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari - Dalam rangka program kerja DASIAT SOBO DESO, Pemuda Siaga Sehat Kec.Bendosari melaksanakan Sosialisasi Demam Berdarah di Karang Taruna Permuna Mandala dukuh Nanggulan RT 02 RW 07, Desa Gentan ( 29 April 2017). Penyuluhan dilaksanakan di rumah Bapak Sugino.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Demam Berdarah Dengue yang dilakukan oleh Tim Dasiat dan didampingi oleh Ibu Hariyanti, dan Bapak Pramono Selaku Tim Promkes Puskesmas Bendosari, mengulas tentang Demam Berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti saat menghisap darah manusia, dan mengakibatkan kematian.

Beberapa tanda/gejala orang yang terserang DB, Kepala Nyeri, Lemah, Mual, Ruam, Panas Tinggi dan lain lain. Penderita DBD saat ini paling banyak pada anak-anak,maupun dewasa. DBD bisa muncul kapan saja dan bisa menyerang siapa saja.

Pencegahan DBD yang harus dilakukan warga adalah PSN. Namun masyarakat kurang teliti dalam pelaksanaannya. PSN merupakan salah satu pencegahan yang efektif dilakukan   untuk memberantas jentik jentik nyamuk.

Dalam pertemuan ini disisipkan juga tentang TB yang akan dilakukan pemeriksaan mencari suspec di lingkungan Nanggulan.

Dalam kegiatan ini Karang Taruna Permuna Mandala sangat antusias mendengarkan paparan dari Dasiat Bendosari. Beberapa ibu bertanya dan meminta solusi masalah kesehatan yang lain.

Penyuluhan malam ini akan dilanjutkan dengan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) secara serentak dalam 1 RW. Dukuh Nanggulan merupakan pelopor melaksanakan penyuluhan DBD dan pelaksanaan PJB di Desa Gentan. Harapanya diikuti dukuh-dukuh yang lain di desa Gentan. Karena dari hasil MMD desa Gentan merupakan endemis DBD dan TB.
Demikian kegiatan Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari pada malam hari ini. Semoga Bermanfaat.

Aku Kamu Kita Generasi Sehat
(Dasari Teguh)

0 komentar:

Posting Komentar