Senin, 10 April 2017

Peran Serta Dasiat Bendosari Bersama Puskesmas Bendosari Dalam Musyawarah Masyarakat Desa Mulur

DASIAT BENDOSARI

Pemuda Siaga Sehat Kecamatan Bendosari (DASARI) bersama Promkes Puskesmas Kec. Bendosari, Senin 10 April 2017 ikut berpartisipasi dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Desa Nulur.

Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa ini disambut baik oleh Bapak Kepala Desa, Beliau mengharapkan warga Masyarakat Mulur bisa menanggulangi masalah kesehatan dari segala macam penyakit yang ada terutama yang berhubungan dengan kebersihan Libgkungan (PHBS), mengingat Mulur memiliki beberapa tempat yang strategis untuk buang sampah. Kerjasama warga Mulur untuk menjaga kebersihan lingkungan baik dalam rumah maupun luar rumah dan lingkungan tinggal."ujar Tukimin Cipto Nugroho, S.H ", selaku Kepala Desa Mulur.

Masyarakat desa Mukur adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai macam elemen, petani, pegawai, karyawan, dan masih banyak lagi. Semua memiliki resiko kesehatan yang berbeda beda dengan tingkat yang berbeda pula, apalagi masalah sampah juga berpengaruh dengan PHBS ." ujar Bapak Pramono, A.MK " selaku Wakil Puskesmas Bendosari.

Pemberdayaan masyarakat Desa Nulur dilakukan oleh Kader Kader yang ada di desa dan Bidan desa. Paparan Survey Mawas Diri disampaikan oleh Ketua Pokja Desa Mandiri, dengan beberapa Prioritas Masalah diantaranya :

1. DBD dan PSN
2. TBC
3. Pembuangan Sampah
4. Jambanisasi
5. Penkes Remaja

Dari beberapa masalah tersebut akan ditindaklanjuti dengan rencana sebagai berikut :

1. Kerja bakti serentak (PSN Serentak) dan grebeg jentik serentak yang akan dilakukan pada hari Sabtu 22 April 2017.

2. Pemeriksaan untuk warga guna mencari suspect TBC di Wilayah Mulur untuk jadwal menyesuaikan dari warga.

3. Penyuluhan tentang bahaya sampah, dan pemasangan poster poster di sungai wilayah Mulur.

4. Jambanisasi Akan dianggarkan dari Surplus PNPM dan Dana Desa.

5. Pendekatan karang taruna kerjasama dengan Dasiat untuk penyuluhan kesehatan. Tokoh masyarakat menggerakkan karang taruna wilayah masing masing.

Pemberdayaan dan Pergerakan tokoh masyarakat sebagai Garda terdepan di wilayah Kelurahan Mulur sangat mempengaruhi Rencana Tindak Lanjut yang telah disepakati.

Aku Kamu Kita Generasi Sehat
(Dasari Teguh)

0 komentar:

Posting Komentar