Jumat, 15 November 2019

Dasiat Kecamatan Bendosari ikut berperan serta dalam membantu kegiatan lomba sekolah sehat di SD Negeri Pohgogor 01


Dasiat Bendosari. Dasiat Bendosari bersama Puskesmas Bendosari ikut serta mensukseskan lomba sekolah sehat di SD Negeri Pohgogor 01, yang menjadi fokus utama penilaian adalah tentang perilaku kebersihan dan kesehatan yang dilakukan oleh murid maupun guru. Oleh karena itu, walaupun sekolah memiliki sarana dan fasilitas yang lengkap dan mewah, belum bisa menjamin sekolah tersebut bisa dikatakan sebagai sekolah sehat dan mendapat nilai bagus dalam penilaian.

Sebab, dikatakan oleh Ketua tim penilai lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juli Winarni, yang melakukan verifikasi lapangan ke SD Negeri Pohgogor 01, Kamis 14 November 2019, yang sangat menentukan bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan bisa menjadi karakter bagi murid adalah perilaku sehari – hari.

“Yang kita tuju adalah kebersihan dan kesehatan ini bisa mejadi perilaku bagi murid – murid, bisa menjadi budaya. Pun ketika mereka di rumah masing-masing juga ingat dan terbiasa dengan perilaku kebersihan dan kesehatan ini, untuk lingkungannya juga baik dan bersih akan tetapi di lingkup lingkungan sekolah ini masih banyak yang membakar sampah sembarangan sehingga asapnya dapat membahayakan pada kesehatan, dan kalau memang di sini adalah sekolah ramah anak maka harus betul-betul di tegakkan. Saya ucapkan selamat untuk SD Negeri Pohgogor 01 yang sudah berjuang dan masuk 6 besar itu sangatlah tidak mudah dari 22 Kabupaten Kota di Jawa Tengah” ujar Juli Winarni.

Untuk sarana dan fasilitas, lanjut Juli Winarni, yang memimpin 4 orang tim penilai lainnya yaitu 1) Pemerintah Daerah 2) Dinas Kesehatan 3) Dinas Pendidikan 4) Kementrian Negeri Agama, tentu juga menjadi indikator. Namun Juli Winarni mengingatkan agar jangan sampai sekolah hanya terpaku mengejar pembenahan sarana/fasilitas saja, sementara sosialisasi dan edukasi perilaku kebersihan kepada murid dianggap sepele saja. Dalam kegiatan ini Dasiat Kecamatan Bendosari ikut berperan serta dalam membantu kegiatan lomba sekolah sehat di SD Negeri Pohgogor 01, setiap satu bulan sekali Dasiat Bendosari melaksanakan penyuluhan kesehatan anak, dengan adanya MOU antara Dasiat Bendosari dan SD Negeri Puhgogor 01 maka pelaksanaanya akan lebih mudah untuk di jalankan.

0 komentar:

Posting Komentar