Sabtu, 16 November 2019

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tanpa Asap Rokok



Dasiat Bendosari. Pemuda Siaga Sehat Kecamatan Bendosari (DASARI) mengikuti kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada sabtu, 16 Nopember 2019 di Gedung Seba Guna Kecamatan Bendosari. Kegiatan Germas kali ini mengusung tema Kawasan Tanpa Asap Rokok di Kecamatan Bendosari. 


Kegiatan yang di prakarsai oleh tim promosi kesehatan puskesmas bendosari ini dihadiri oleh kepala UPTD Puskesmas Bendosari, dr. Sugeng Purnomo, M.Gizi., beserta jajarannya. Dalam kesempatan beliau menyampaikan beberapa hal pentingnya bahaya asap rokok. 


Selain itu turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Bendosari yang terdiri dari Camat Bendosari Ibu Paulina Yuli Kusuma Wardhani, S.Sos, Kapolsek Bendosari AKP Zunaidi, SH dan Danramil Bendosari Kapten ARM Budi Sarwoko. Pada kesempatan tersebut, Ibu Paulina berkenan memberikan sambutan, bahwa gerakan hidup sehat di mulai dari pribadi kita masing-masing, dan mengajak lingkungan khususnya untuk mengajak masyarakat tidak merokok di sembarang tempat umum. 


Kampanye GERMAS yang diadakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Bendosari diisi oleh dr. Rahardi (dokter UPTD Puskesmas Bendosari) menyampaikan bahwa pentingnya tidak merokok di tempat umum, bahaya merokok bagi remaja yang saat ini sudah menjadi tren, dan akibat yang ditimbulkan di kemudian hari akibat merokok, serta tips-tips untuk berhenti dari merokok. Dalam penyampaian materi yang diikuti oleh perwakilan siswa dari SMA Negeri 3 Sukoharjo, SMK Negeri 1 Sukoharjo, SMK PGRI Sukoharjo, SMA Unggulan CT Arsa Sukoharjo, dan beberapa perwakilan karang taruna se-Kecamatan Bendosari ini, juga diselingi dengan tanya jawab. 


Pada materi kedua yang disampaikan oleh ibu Sri Haryanti, S.ST. Beliau menyampaikan materi tentang POSYANDU Remaja. Beliau menuturkan bahwa posyandu remaja ini bertujuan untuk mengurangi penyakit tidak menular (PTM) yang sudah terjangkit pada usia remaja, harapannya dengan adanya posyandu remaja, remaja-remaja diwilayah bendosari mengetahui perkembangan kesehatan mereka dan aksi cepat tanggap apabila sudah terjangkit penyakit. Selain itu harapan dari beliau pada tahun 2020 wilayah kecamatan bendosari sudah terbentuk posyandu remaja dengan harapan generasi sehat untuk indonesia unggul.


Acara juga dimeriahkan dengan penampilan-penampilan dari perwakilan SMA/SMK se-Kecamatan Bendosari, penampilan puisi berantai dari Saka Bakti Husada, penampilan drama dari SMA Unggulan CT Arsa, Penampilan Puisi dari SMA Negeri 3 Sukoharjo, SMKPGRI Sukoharjo, dan SMK Negeri 1 Sukoharjo. Pada akhir acara, ditutup dengan pemberian bingkisan kepada ke-4 sekolah yang mengikuti kegiatan, yakni pemberian bingkisan berupa buah segar yang diserahkan langsung oleh Kepala Tata Usaha Puskesmas Bendosari kepada perwakilan dari SMA/SMK se-Kecamatan Bendosari.

0 komentar:

Posting Komentar