Sabtu, 01 Februari 2020

DASIAT BENDOSARI SOBO NDESO PALUHOMBO


Dasiat Bendosari. Dasiat Bendosari bersama Kader Posyandu Desa Paluhombo mengadakan kegiatan penyuluhan tentang Bahaya Penyakit Demam Berdarah dan CTPS. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Paluhombo Ibu Juwanti selaku Pelindung kegiatan, serta dihadiri perwakilan Promkes Puskesmas Bendosari selaku promotor kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 01 Februari 2020 ini diikuti oleh 20 anggota kader kesehatan di Desa Paluhombo.


Dalam rangkaian kegiatan tersebut di isi materi tentang penyuluhan bagaimana cara cuci tangan yang benar (CTPS) dan cara pencegahan penyakit deman berdarah, acara tersebut di pandu oleh salah satu anggota dari Dasiat Bendosari.


Dalam pengisian materi di jelaskan bahwa mencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia di dunia, tapi membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit, dengan pertimbangan bahwa sabun mudah diperoleh dan terjangkau. Selain itu, air mengalir dapat diupayakan hampir di setiap rumah tangga. Supaya efektif, perilaku CTPS juga perlu dilakukan dengan benar. Oleh sebab itu, perilaku CTPS sangat disarankan. Lima waktu terpenting untuk cuci tangan pakai sabun yaitu:
1. Sesudah ke WC atau Buang Air Besar
2. Sebelum makan
3. Sebelum menyusui bayi atau menyuapi bayi/anak
4. Sesudah menceboki bayi/anak
5. Sesudah memegang binatang/ternak
Selain itu juga di jalaskan tentang Bahaya Penyakit Demam Berdarah, demam Berdarah dapat disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang berkembang di daerah tropis dan subtropis. DBD ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam merah pada kulit dan nyeri pada otot. DBD yang parah biasa disebut demam hemoragik dapat menyebabkan pendarahan yang parah, tekanan darah menurun drastis, dan kematian. Maka upaya pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien adalah kegiatan menghancurkan tempat berkembang biak nyamuk dengan cara 3M + yaitu: 
1. Menguras
2. Mengubur
3. Menutup, 
+ Menggunkan lotion anti nyamuk dan menggunakan kelambu saat tidur. 

Demikian kegiatan Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari pada malam hari ini. Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua.

*AKU KAMU KITA GENERASI SEHAT*

0 komentar:

Posting Komentar