Rabu, 18 Maret 2020

KOLABORASI POSBINDU KARANGTARUNA PERMUNA MANDALA NANGGULAN GENTAN BERSAMA DASIAT BENDOSARI

Dasiat Bendosari. Penyakit tidak menular saat ini sangat sering di jumpai masrakat Indonesia. Salah satu inovasi dari kemetrian kesehatan untuk menekan kematian dari penyakit tidak menular adalah memunculkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). GERMAS meiliki 7 poin utama untuk di terapkan.
Untuk mendukung program kementrian kesehatan tersebut maka perlu di bentuk POSBINDU. POSBINDU merupakan kepanjangan dari Pos Pembinaan Pelayanan Terpadu. POSBINDU  perlu dibentuk sesuai dengan poin ke 5 program GERMAS, yaitu Melakukan Cek Kesehatan secara berkala. 
Melakukan Cek Kesehatan Berkala
Salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Diantaranya adalah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. 
Ada beragam informasi media cek kesehatan yang memberikan tips cek kesehatan secara berkala, apa saja sebenarnya jenis cek kesehatan berkala yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda? Berikut adalah beberapa contoh pengecekan yang bisa dilakukan.

  • Cek Kesehatan Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) Secara Rutin
    Melakukan Pengecekan Berat Badan berguna agar anda bisa mendapatkan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang nantinya dapat menentukan apakah berat badan dan tinggi badan Anda sudah berada dalam kondisi ideal atau berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM)
  • Cek Lingkar Perut Secara Berkala
Dengan melakukan Cek Lingkar Perut secara berkala anda bisa mengontrol lemak perut, jika berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, diabetes hingga serangan jantung
  • Cek Tekanan Darah
Pengecekan Tekanan Darah dapat membantu anda mendeteksi adanya risiko stroke, hipertensi hingga jantung
  • Cek Kadar Gula Darah Berkala
Anda dapat mengetahui kadar glukosa dalam darah dengan jenis pengecekan kesehatan berkala ini, hasilnya anda dapat mengetahui potensi diabetes.
  • Cek Fungsi Mata Telinga
  • Cek Kolesterol Tetap Pengecekan Kolesterol terbagi tiga yaitu LDL (Kolesterol "Buruk"), HDL (Kolesterol "Baik") dan Trigliserida
  • Cek Arus Puncak Ekspirasi
Pengecekan ini adalah salah satu cek kesehatan dalam pengujian fungsi paru, pengecekan ini biasa dilakukan pada penderita asma atau penyakit lainnya untuk menilai kemampuan paru-paru
  • Cek dan Deteksi Dini Kanker Leher RahimPengecekan ini biasanya dilakukan dengan pemeriksaan berkala seperti Test PAP SMEAR dan Test IVA
  • Cek Sadari Periksa Payudara SendiriLalu berikutnya dalam ragam cek kesehatan berkala yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri.

POSBINDU tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari Perangkat Desa Gentan, Masyarakat dukuh Nanggulan Karang Taruna PERMUNA MANDALA dan Dasiat Bendosari. Kegiatan POSBINDU di dukuh Nanggulan Desa Gentan Kecamatan Bendosari dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2020. 
Dalam sambutanya kepala desa Gentan Drs. Sudadiyo menyampaiakan bahwa Kita harus jaga kesehatan terkait virus korona, kemudian menyarankan warga supaya berprilaku hidup sehat kemudian membiasakan cucitangan ,pakai masker. Posbindu di dkug NAnggulan ini diberikan nama "POSBINDU BUGAR" oleh Kepala Desa Gentan. Semoga dengan adanya POSBINDU BUGAS warga masyarakat Nanggulan khususnya dan warga masyrakat Gentan pada umumnya akan sehat selalu.


0 komentar:

Posting Komentar