Rabu, 01 April 2020

Sosialisasi Pencegahan Covid-19 oleh Dasiat Bendosari, UPTD Puskesmas Bendosari, Polsek Bendosari, Koramil Bendosari, Pemerintah Desa Bendosari dan Paluhombo.


Dasiat Bendosari. Pandemi Virus Corona ( Covid-19 ) mengalami perkembangan yang signifikan. Di Sukoharjo berdasarkan perkembangan Gugus Tugas Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 31 Maret 2020 mengalami kenaikan ODP ( Orang Dalam Pemantauan ) dan PDP ( Pasien Dalam Pengawasan) Corona yang signifikan di Kabupaten Sukoharjo.


Dengan kondisi ini maka Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari lebih intens untuk bersosialisasi ke masyarakat. Pada hari Rabu, 1 April 2020, Pemuda Siaga Sehat bersama Polsek, Koramil, UPTD Puskesmas Kecamatan Bendosari, Pemerintah Desa Bendosari dan Paluhombo melakukan sosialisasi keliling tentang virus corona atau covid-19.


Sebelum kegiatan dimulai diawali dengan Apel yang dipimpin oleh Danramil 12 Bendosari Kapten Arh Budi Sarwoko, tentang penerapan social distancing untuk pencegahan covid-19. Beliau juga mengarahkan perihal penutupan jalan di Dukuh sebaiknya koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah setempat.

Masyarakat dihimbau untuk tidak menciptakan kerumunan dan membatasi pergerakan bahkan menutup tempat-tempat yang berpotensi ada kerumunan seperti alun-alun, objek wisata, pantai dan sebagainya. Mengedukasi dan mengajak warga untuk menunda setiap bentuk aktivitas massal seperti peribadatan dan resepsi pernikahan.

Dengan adanya wabah penyakit virus corona/covid 19 di wilayah Kabupaten Sukoharjo kami menghimbau untuk : 

1. Melaporkan warga masyarakat yang pulang dari perantauan kepada Ketua RT dan periksa ke Puskesmas bila mengalami keluhan Demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak nafas. Bila tidak ada keluhan dihimbau untuk karantina mandiri selama 14 hari.

2. Lembaga pendidikan, tempat ibadah, tempat kerja, warung rumah makan dan restoran untuk menjaga kebersihan dan menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS)

3. Kegiatan pengumpulan massa seperti hajatan, pengajian, arisan untuk sementara ditiadakan sampai menunggu instruksi dari pemerintah

4. Diharap warga tidak panik karena virus bisa mati bila terkena sabun dan desinfektan

5. melakukan social distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter

6. Tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cipika-cipiki, dsb

7. Menjaga kesehatan dengan berjemur dibawah terik matahari minimal 15 menit sehari, makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan olahraga minimal 30 menit sehari.

Harapannya semoga masyarakat paham akan bahaya dan cara mencegah virus corona atau covid-19, sehingga masyarakat tidak panik dan siap dalam melawan virus corona.

Sayangi dirimu, sayangi keluargamu, bersama kita patuhi himbauan pemerintah, agar tidak semakin banyak air mata tertumpah. Mari bersama-sama mencegah virus corona atau covid-19 dengan tidak melakukan kegiatan diluar rumah sampai wabah penyakit ini dinyatakan aman.

Bendosari cegah covid-19, BISA
AKU KAMU KITA GENERASI SEHAT

0 komentar:

Posting Komentar