Senin, 15 Maret 2021

Dasiat Bendosari Bersama UPTD Puskesmas Bendosari Dan Linsek Bendosari Melaksanakan Vaksinasi Lansia Di Kelurahan Jombor


Dasiat Bendosari. Ratusan warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Jombor mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Mereka disuntik oleh tim vaksinasi dari UPTD Puskesmas Bendosari. 


Vaksinasi ini terlaksana dengan kerjasama Dasiat bendosari bersama UPTD Puskesmas Bendosari, Koramil Bendosari, Polsek Bendosari, Bidan Desa Jombor, Kader Kesehatan Kelurahan Jombor, Relawan Promkes Provinsi, Muspika Bendosari, Perangkat Desa Jombor pada hari Sabtu dan Senin, tanggal 13 dan 15 Maret 2021 bertempat di Kelurahan Jombor.


Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bersasaran kepada lansia Kelurahan Jombor yang sudah terdaftar berjumlah kurang lebih 900 orang yang sudah mendapatkan vaksin.  Sebelum disuntik, petugas medis memberikan pengarahan kepada lansia yang sudah antre di halaman Kantor Kelurahan Jombor. Selain itu Dasiat Bendosari bersama UPTD Puskesmas Bendosari dan Linsek Bendosari juga melakukan edukasi kepada beberapa lansia di kelurahan jombor, edukasi tersebut berkaitan dengan covid-19 dan vaksinasi.


Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat yaitu Puskesmas, sedangkan pilihan yang kedua yaitu di Rumah Sakit. Akan tetapi untuk Wilayah Kabupaten Sukoharjo sendiri dalam pelaksanaan vaksinasi bagi lansia diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat yaitu Puskesmas disetiap kecamatan masing-masing.


Ada salah satu lansia yang mengikuti vaksinasi di Kelurahan Jombor dan memberikan tanggapan bahwa vaksinasi itu "Baik sekali, bahkan tidak sakit dan tidak terasa apa-apa sehat kuat. Untuk seluruh masyarakat kelurahan jombor khususnya lansia bagi yang belum di vaksin saya harap dan saya minta untuk segera di vaksin jangan takut, tidak apa-apa vaksin ini membuat badan menjadi lebih sehat, dengan adanya vaksinasi ini semoga Indonesia segera terhindar dari Covid-19" Ujar Bapak Drs. H. Suharno.


Untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person perwakilan dari vocal point yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Contact person tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien.


Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 5M (mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi). Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk menderita gejala parah akan semakin kecil.


Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di kelurahan jombor sudah berjalan dengan lancar serta kerjasama yang baik antar masyarakat di kelurahan jombor.




*AKU KAMU KITA GENERASI SEHAT*

0 komentar:

Posting Komentar