adsense

Sabtu, 06 Agustus 2022

Penyuluhan Kespro Remaja dan Stunting Karang Taruna Praba Dukuh Bugo Desa Gentan Bersama Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari dan Promkes Bendosari


Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari
 - Dalam rangka program kerja DASIAT SOBO DESO, Pemuda Siaga Sehat Kec.Bendosari melaksanakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Stunting di Karang Taruna Praba dukuh Bugo RT 02 RW 05, Desa Gentan pada hari sabtu, 06 Agustus 2022, Penyuluhan dilaksanakan di rumah Bapak Paino.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Stunting yang dilakukan oleh Tim Dasiat dan didampingi oleh Bapak Pramono, AMK Selaku Tim Promkes Puskesmas Bendosari, serta ibu PKK Dukuh Bugo Gentan, disosialisasi ini mengulas tentang Kesehatan Rrproduksi Remaja dan Stunting.


Pengertian
Kesehatan Reproduksi Yaitu keadaan sehat baik secara fisik, psikis dan sosial yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada laki-laki dan perempuan agar dapat bertanggung jawab dan menjaga dan memelihara organ reproduksi.Cara merawat organ reproduksi yaitu:

• Pakaian dalam dan celana dalam (CD) diganti minimal 2 kali sehari

• Menggunakan CD berbahan menyerap keringat

• Pakai handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan bau.

• Bagi perempuan setelah buang air kecil cara ceboknya dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak ikut ke organ reproduksi – Untuk laki-laki sangat dianjurkan untuk disunat/ khitan,agar terhindar dari kanker penis dan kanker leher rahim pada istrinya.


Sedangkan Stunting
adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Balita pendek (stunted) dan sangat penting (severety stunted) adalah balita dengan panjang badan (PB/U) dan tinggi badan (TB/U) menurut umurnya dibandingkan dengan standar baku WHO-MGRS tahun 2006. Beberapa penyebab stunting sebagai berikut :

• Praktek pengasuhan yang kurang baik, termasuk kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum, pada masa kehamilan dan setelah melahirkan.

• Masih terbatasnya layanan kesehatan termasuk layanan ANC (ante natal care) atau pelayanan kesehatan ibu selama masa kehamilan, post natal care atau pelayanan setelah melahirkan dan pembelajaran dini yang berkualitas.

• Masih kurangnya akses rumah tangga/ keluarga pada makanan bergizi

• Kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi

Dalam kegiatan ini Karang Taruna Praba sangat antusias mendengarkan paparan dari Dasiat Bendosari. Beberapa ibu bertanya dan meminta solusi masalah kesehatan yang lain.

Demikian kegiatan Pemuda Siaga Sehat ( DASIAT ) Bendosari pada malam hari ini. Semoga Bermanfaat.

Aku Kamu Kita Generasi Sehat














0 komentar:

Posting Komentar