adsense

Rabu, 14 September 2022

Dasiat Bendosari Ikut Menghadiri Acara Penilaian Posyandu Nusa Indah Desa Toriyo  masuk kategori peringkat enam besar se-Kabupaten Sukoharjo


Dasiat Bendosari. Dasiat Bendosari dan UPTD Puskesmas Bendosari pada rabu, 14 september 2022 ikut berpartisipasi dalam acara penilaian Posyandu Nusa Indah di Desa Toriyo, berhasil meraih peringkat enam besar terbaik se-Sukoharjo saat penilaian lapangan kader Posyandu berprestasi tahun 2022. 



Ketua Tim Penilai Posyandu Ibu dr. Yunia Wahdiati, mengatakan bahwa posyandu di toriyo ini sangat mengapresiasi kepada semua kader posyandu dan masyarakat setempat karena telah berhasil masuk nominasi enam besar terbaik kategori Kabupaten dalam lomba penilaian kader posyandu terbaik.

Beliau juga mengatakan bahwa dasar penilaian tersebut berdasarkan Permendagri nomor 54 tahun 2007 tentang pedoman pembentukan kelompok kerja operasional posyandu. 


Selain itu, penilaian tersebut juga merupakan tindak lanjut dari temu kader pada tanggal 30 Mei yang lalu dengan tujuan melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di Posyandu. "Untuk penilaian, kami berharap yang hadir dan yang terkait agar memberikan informasi yang sesungguhnya sesuai yang terjadi di lapangan," ujar beliau.  Beliau juga mengharapkan mudah-mudahan Posyandu Desa Toriyo menjadi yang terbaik di antara enam posyandu kategori kabupaten lainnya.


Camat Bendosari Bapak Rohmadi, S.H, M.Si.
, mengatakan posyandu merupakan kegiatan dan gerakan yang harus di atensi oleh semua pihak dan pemangku kepentingan terkait untuk menyiapkan generasi sehat dan cerdas masa 10 hingga 20 tahun ke depan. "Semoga kader posyandu batu banyak lebih baik lagi ke depannya," ujar beliau. 


Di samping itu, setiap kader posyandu memiliki tugas yang sangat penting diantaranya menyelenggarakan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Untuk pelayanan kesehatan anak pada posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak.

Selanjutnya, pemantauan terhadap tindakan orang tua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan yang berkaitan dengan permasalahan balita, dan lain sebagainya. Kader Posyandu juga melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita, agar anak tumbuh sehat, aktif, cerdas dan tanggap. Dalam kegiatan itu, kader bisa memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok. dan demonstrasi (Praktek) dengan orang tua atau keluarga balita. Selain itu, juga memberikan motivasi agar orang tua balita terus melakukan pola asuh yang baik pada anaknya dengan menerapkan prinsip asi-asah-asuh.

Aku..Kamu..Kita..Generasi Sehat










0 komentar:

Posting Komentar