adsense

Jumat, 23 September 2022

Penyuluhan Kespro Dan Pelaksanaan Posyandu Remaja Bersama Dasiat Bendosari dan UPTD Puskesmas Bendosari Di Desa Toriyo


Dasiat Bendosari. Dasiat Bendosari bersama Puskesmas Bendosari melaksanakan sosialisasi dan Pelaksanaan Posyandu Remaja Desa Toriyo. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Toriyo Bp. Supriyanto bchk, karangtaruna Kusuma Bakti se Desa Toriyo. 


Kegiatan ini di laksanakan pada hari Jum'at, 23 september 2022 pukul 15.30 wib bertempatan di Balai Desa Toriyo. Pada rangkaian kegiatan ini diisi materi tent ang pembentukan Posyandu Remaja. Acara tersebut di pandu oleh salah satu anggota dari Dasiat Bendosari dan didampingi oleh dr. Didik Budhi Setiawan selaku petugas dari UPTD Puskesmas Bendosari. Di Sosialisasi ini mengulas tenang Kesehatan  Reproduksi Remaja Dan Posyandu Remaja.


Pengertian Kesehatan Reproduksi Yaitu keadaan sehat baik secara fisik, psikis dan sosial yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada laki-laki dan perempuan agar dapat bertanggung jawab dan menjaga dan memelihara organ reproduksi. Cara merawat organ reproduksi yaitu:

• Pakaian dalam dan celana dalam (CD) diganti minimal 2 kali sehari

• Menggunakan CD berbahan menyerap keringat

• Pakai handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan bau.

• Bagi perempuan setelah buang air kecil cara ceboknya dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak ikut ke organ reproduksi – Untuk laki-laki sangat dianjurkan untuk disunat/ khitan,agar terhindar dari kanker penis dan kanker leher rahim pada istrinya.

Dalam pengisian materi tersebut dijelaskan bagaimana membentuk sebuah posyandu remaja beserta manfaat dan tujuannya. Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja) kegiatan dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulannya. Berikut ini penjelasan mengenai kegiatannya :

1. Pengisian kuisiner kesehatan
Bagi Kamu yang baru pertama kali mengikuti posyandu remaja, biasanya setelah mendaftar akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri dan pengisian kuisioner kesehatan.

2. Pemeriksaan kesehatan
Kegiatan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan, yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, mengukur tekanan darah, lingkar lengan atas dan lingkar perut, serta pengecekan anemia pada remaja putri. Apabila ada tanda klinis anemia, seseorang akan dirujuk ke fasilitas kesehatan.

3. Pelayanan kesehatan
Pelayanan kesehatan akan diberikan sesuai dengan permasalahan masing-masing, seperti konseling, pemberian obat atau vitamin, menjelaskan mengenai kondisi kesehatan tertentu, dan merujuk remaja ke fasilitas kesehatan jika diperlukan.

4. Kegiatan berbeda setiap bulannya
Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama setelah semua remaja melewati beberapa tahap di atas. Materi kegiatan ini dapat berupa penyuluhan, pemutaran film, bedah buku, pengembangan soft-skill, atau senam.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Posyandu remaja adalah :
1. Melibatkan remaja dalam upaya intervensi terkait permasalahan remaja
2. Memantau kesehatan remaja secara berkala
3. Mengedukasi remaja untuk hidup sehat
4. Menurunkan angka pernikahan dini
5. Membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi Generasi Berencana yang kreatif dan berwawasan luas. 


Semua Desa dan Kelurahan se- Kabupaten Sukoharjo diharapkan dapat bekerjasama dengan Puskesmas untuk membentuk posyandu remaja di wilayah masing-masing, sehingga tujuan pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan tanpa diskriminasi bisa terwujud, termasuk untuk remaja. sehingga angka pernikahan dini perlahan turun, AKI menurun, penyakit menular dan tidak menular menurun, imunisasi pada remaja meningkat, dan tentunya derajat kesehatan masyarakat juga akan meningkat. selain itu pemerintah berharap dengan adanya posyandu remaja, tingkat partisipasi remaja dalam berkontribusi di masyarakat dapat meningkat dan kami berharap remaja bisa mengembangkan minat dan bakatnya sesuai dengan keinginannya dengan diwadahi oleh Posyandu remaja.

Demikian kegiatan pemuda siaga sehat kecamatan bendosari (DASIAT) pada malam hari ini semoga bermanfaat untuk kita semua.


Aku...Kamu...Kita...Generasi Sehat...





0 komentar:

Posting Komentar